APA Itu SEO (Search Engine Optimization) ...?

Hasil gambar untuk seo on page
SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti GoogleBing, dan YahooPengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Dari beberapa percobaan yang sudah saya lakukan selama setahun terakhir ini, saya menemukan bahwa ada cara-cara yang lebih mudah untuk melakukan SEO. Ibaratnya jika selama ini anda membutuhkan "sepuluh peluru" untuk mengenai sasaran, ternyata hasil yang sama juga bisa dicapai dengan "sebutir peluru" saja. Asalkan komposisi kerja anda tepat.

Sebagai langkah awal untuk memulai tulisan jilid 2 ini, maka saya akan membuat pembahasan yang paling mendasar dari SEO.... Jika saudara adalah seorang blogger pemula, maka ada baiknya memulai dari sini.
PENGETAHUAN SEO #1: MENGENAL SEO SECARA UMUM
APA ITU SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)?
SEO adalah segala sesuatu yang anda lakukan untuk membuat website atau blog anda muncul pada halaman-halaman hasil pencarian search engine. Tujuan utama dari SEO adalah membuat website anda mendapat banyak pengunjung dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan kawan-kawan.

Bisa dikatakan proses di SEO ini cukup panjang dan kadang membutuhkan "pengetahuan" yang tidak dimiliki semua orang. Oleh karena pengetahuan ini bukanlah pengetahuan yang lazim dimiliki oleh banyak orang, maka tentunya ada tahap belajar di awal usaha anda mengenal SEO. Selain itu; jika anda benar-benar seorang pemula, maka saya sangat yakin ada kalanya anda akan sangat dibuat pusing oleh proses-proses di SEO. Tapi jangan kuatir.... anda tidak sendirian. Semua pemula mengalami itu, termasuk saya pada awal mengenal SEO.

KENAPA SEO ITU PERLU?
Anggap saja anda ingin menawarkan produk dagangan anda di dunia maya, yaitu tas-tas replika merek-merek terkenal, dan sebagai langkah awalnya anda membuat sebuah blog atau website. Apa itu berarti blog atau website anda langsung ada di halaman pertama hasil pencarian Google? Tidakkan? Perlu anda ketahui ada ribuan orang yang menjalani bisnis tas-tas replika di dunia maya ini, sedangkan halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google hanya ada 10 tempat saja. Jadi singkat kata singkat cerita, anda harus memberikan alasan yang kuat kepada mesin pencari kenapa mereka harus memberikan tempat terbaik di hasil pencariannya untuk blog atau website anda? Kalau anda tidak bisa memberikan alasan yang kuat itu, maka anda tidak akan pernah muncul di halaman-halaman hasil pencarian.
Jadi itulah SEO yang sebenarnya sebuah "pertandingan" yang diikuti ribuan orang untuk meraih juara 1 di halaman pertama hasil pencarian.

Apa yang diperlukan untuk menjadi juara 1 di Google?
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, anda harus memberikan alasan yang kuat agar Google mau menaruh link blog anda di halaman pertamanya. Jadi kira-kira menurut saudara; apa yang bisa kita lakukan untuk membuat Google merasa yakin dan memberikan posisi juara 1 di halaman pertamanya untuk blog kita?

Sebenarnya ada dua hal yang harus anda tonjolkan, yaitu:

  1. Anda harus terlihat profesional di bidang yang anda bahas, dan
  2. Harus banyak yang merekomendasikan anda (sebagai bukti bahwa anda memang berkualitas).

Sayangnya,....tidak  banyak orang yang tahu bagaimana caranya untuk terlihat pro di mata Google, dan mendapatkan banyak rekomendasi dari komunitas dunia maya....

#1 Bagaimana cara untuk terlihat profesional?
Sebenarnya mudah saja.... anda cukup memperbaiki faktor optimasi SEO onpage dari blog anda. SEO onpage ini yang akan membantu Google untuk mengenali pokok utama pembahasan di suatu halaman. Jika anda gagal melakukan onpage, maka google akan melihat halaman anda tidak relevan untuk dipajang di halaman pertamanya.

Kalau saya diminta mengilustrasikan, maka blog yang profesional itu layaknya "Marketing Representative" dari sebuah perusahaan, sedangkan blog yang tidak profesional itu lebih terlihat seperti "Tukang obat" di pinggir jalan.
Kenapa saya menganalogikan seperti itu? Karena seorang marketing representative itu harus selalu berpakaian rapi dengan rambut tertata, pokoknya enak dilihat mata. Gaya berbicara seorang pun selalu tertata, dan terdengar "cerdas dan terlatih". 

Walaupun keduanya sama-sama mempunyai misi untuk melariskan dagangannya, tapi keduanya punya gaya yang berbeda. Tukang obat jelas tidak terlalu mempedulikan penampilan, dan bicaranya itu benar-benar boros seperti penumpukan kata kunci. Entah berapa kali dalam sehari tukang obat mengatakan "beli...beli....beli...."Jadi kalau anda masih membangun blog dengan cara mengandalkan penumpukan kata kunci, maka anda masih memakai jurus tukang obat....dan Google tidak suka itu.

Kita nanti akan membahas masalah optimasi SEO onpage ini di awal-awal tutorial, karena ini adalah optimasi yang hanya bisa dilakukan sekali saja di awal. Jika anda melakukannya berkali-kali, maka bisa jadi ranking blog anda malah terjun bebas....
#2 Bagaimana cara untuk mendapatkan banyak rekomendasi?

Setelah anda menjadi seorang "marketing representative" Anda harus mulai mengumpulkan rekomendasi dari banyak pihak. Semakin banyak yang merekomendasikan anda, dan semakin puas pelanggan anda,.... maka anda akan semakin "disayang" oleh Google. Cara mengumpulkan rekomendasi itu adalah dengan melakukan SEO offpage. Metode optimasi SEO offpage ini meliputi pengetahuan mencari backlink, promosi di social network, dan masih banyak lagi. Berhubung optimasi Offpage adalah yang paling berat dan paling sensitif terhadap ranking, maka itu akan kita bahas di materi yang paling akhir saja....

Jadi sampai di sini teman-teman blogger Pemula sudah tahu apa itu SEO, dan kenapa SEO sangat diperlukan. Sekarang kita tinggal memperjelas materi tentang membuat blog yang profesional dan cara mendapatkan banyak "rekomendasi" di dunia maya


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »